Assalamu'alaikum Sahabat ! !!!...

Jumat, 24 Juli 2009

Es krim, tak hanya lezat tapi juga sehat

by dr. Sisca
”Jangan minum es krim, nanti batuk!” Kalimat ini seringkali diucapkan orangtua manakala anaknya minta dibelikan es krim. Apakah sebegitu buruknya citra es krim, padahal si lembut nan dingin ini juga punya kandungan gizi lho!

Apakah dampaknya bila anak sangat senang mengkonsumsi es krim?
Es krim adalah makanan terbuat dari susu yang memiliki karakteristik gizi mirip susu. Hanya kandungan energinya 3 kali lebih padat. Oleh sebab itu mengkonsumsi es krim berlebihan dapat menyebabkan penumpukan kalori yang bila tidak diimbangi dengan aktivitas fisik memadai akan mengakibatkan kegemukan. Namun bila es krim dikonsumsi secara wajar (moderat) maka tidak perlu ada kekhawatiran tentang akibat buruknya.
Orang tua harus bisa mengatur selera anaknya agar terbentuk pola makan seimbang. Ini berarti konsumsi makanan apapun jenisnya tidak boleh berlebihan. Es krim adalah makanan kenikmatan, oleh sebab itu pantas dinikmati tetapi mungkin tidak harus tiap hari.
Benarkah es krim menjadi biang keladi batuk?
Sebagian anak ada yang sensitif kerongkongannya sehingga tidak tahan dingin. Konsumsi makanan dingin akan menimbulkan peradangan kerongkongan hingga timbul batuk. Penderita asma termasuk yg hrs berhati-hati mengkonsumsi makanan dingin karena mereka alergi terhadap uap air dingin (termasuk es krim) sehingga menyebabkan sesak napas. Apabila anak kita termasuk yang tahan terhadap uap air dingin, maka minum es krim secara wajar tidak mendatangkan gangguan.

Apa saja kandungan gizi es krim? Adakah yang membuat anak batuk atau gemuk?
Kandungan gizi es krim per 100 g :
• energi (207 Kal),
• protein (4 g),
• lemak (12,5 g),
• kalsium (123 mg),
• fosfor (99 mg)
Kandungan gizi susu per 100 g :
• energi (61 kal),
• protein (3,2 g),
• lemak (3,5 g),
• kalsium (143 mg),
• fosfor (60 mg).
Jadi kalau es krim dikonsumsi berlebihan maka kontribusi energi dan lemak yg cukup tinggi akan memicu kegemukan.
Bagaimana dengan pemakaian essence dan pengawet makanan pada es krim, baikkah untuk anak?
Bahan Tambahan Makanan (BTM) dalam es krim termasuk essence rasa biasanya sudah memenuhi syarat sebagai BTM yang diperbolehkan.
Sebaiknya kapan anak diperbolehkan mengkonsumsi es krim?
Sebagai makanan nikmat maka es krim bisa dikonsumsi kapan saja. Kita di negara tropis sering ketakutan makan yg dingin2 bila musim hujan. Ini betul bila yg dikonsumsi hanya sekedar es sirup, tetapi dalam hal es krim maka konsumsi bisa dilakukan kapan saja kalau sedang kepingin.
Dapatkah es krim menjadi alternatif gizi bagi anak yang tidak suka susu?
Bisa. Hanya saja perhatikan kandungan energinya supaya anak tak kegemukan. Alternatif pengganti susu yang lain adalah keju dan yoghurt. Yoghurt dalam hal gizi yang paling mirip dengan susu.
Apa yang harus orangtua perhatikan dalam membeli es krim bagi anak?
Pada prinsipnya es krim adalah minuman/makanan bergizi. Dengan bahan dasar dari susu maka kualitas proteinnya sangat baik sebagaimana protein hewani lainnya. Yang justru harus diperhatikan adalah biasakan berkumur dengan air putih sehabis makan es krim, karena kita tidak ingin gula dalam es krim menyelip di gigi dan menyebabkan carries (gigi berlubang).

Prof. Ir. Ali Khomsan, MS
Dosen Departemen Gizi Masyarakat IPB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar